Selasa, 12 Januari 2010

Peraturan TTG Kurikulum

DINAS PENDIDIKAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKATA
POLA PEMBINAAN KTSP
TINGKAT KABUPATEN/KOTA

MEKANISME PENYUSUNAN
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

A. Pembentukan Tim Penyusun
Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang Pembentukan Tim Penyusun Kurikulum

1. Susunan Tim terdiri dari
- Ketua : Kepala Sekolah
- Sekretaris : Waka Kurikulum
- Bendahara : Yang ditugasi
- Anggota Tim Penyusun Kerangka Dasar terdiri dari:
Kepala Sekolah
Koordinator Guru Mata Pelajaran dan Koordinator Guru BK
Komite Sekolah/Dewan Sekolah
Tenaga Kependidikan
-Anggota Tim Penyusun Silabus dan RPP, Satuan Layanan*) terdiri dari:
Guru Mata Pelajaran dan Guru BK
- Narasumber

2. Uraian Tugas Tim
Uraian tugas dijabarkan oleh sekolah

B. Langkah kerja Tim
1. Melaksanakan rapat kerja:
Membuat Agenda Kegiatan/Jadwal Kegiatan
Koordinasi dalam penyusunan KTSP

2. Langkah Penyusunan
a. Menyusun Draf Kerangka Dasar, Silabus dan RPP
b. Validasi Draf oleh Pengawas Sekolah & Narasumber
c. Melakukan reviu dan revisi
d. Uji Publik dihadiri:
1). Tim Validasi Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Propinsi
2). Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kab/Kota
3). Pengawas Sekolah & Narasumber
4). Guru Karyawan Sekolah
5). Komite Sekolah
e. Finalisasi dan pemantapan oleh Tim dan Pengawas Sekolah
f. Pengesahan/Penetapan oleh Kepala Sekolah dan Komite Sekolah
g. Rekomendasi dan pengantar dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
h. Dikirim ke Dinas Pendidikan Propinsi untuk diketahui

Masukan
Catatan: Perubahan yang sudah mempunyai dokumen KTSP=> Edisi Revisi atau....
Instrumen Validasi (8 standar) –>ada kegiatan penyusunan Instrumen
Uji publik dapat dilakukan dengan kelompok sekolah



CONTOH SISTEMATIKA KERANGKA DASAR KTSP

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang/Rasionalisasi
B. Landasan
C. Tujuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas
D. Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah

BAB II STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum (Sesuai dengan Permendiknas RI no. 22 tahun 2006)
1. Kelompok Mata Pelajaran
2. Struktur Kurikulum SMA

B. Muatan Kurikulum
1. Mata Pelajaran
2. Muatan Lokal
3. Kegiatan Pengembangan Diri
4. Beban Belajar
5. Ketuntasan Belajar
6. Penilaian, Kenaikan Kelas, Penjurusan, dan Kelulusan
7. Pendidikan Kecakapan Hidup
8. Keunggulan Lokal dan Global

C. Standar Kompetensi Lulusan (SKL satuan pendidikan, kelompok mapel, mata pelajaran, dan mulok; dengan memperhatikan PP RI No 55 Tahun 2007)

BAB III KALENDER PENDIDIKAN (Mengacu Permendiknas RI No.22 Tahun 2006)
A. Alokasi Waktu
B. Penetapan Kalender Pendidikan

BAB IV ANALISIS KEADAAN DAN PROFIL SEKOLAH
A. Lingkungan Sekolah
B. Keadaan Sekolah
C. Personil Sekolah
1. Tenaga Pendidik
2. Tenaga Kependidikan
D. Peserta Didik
E. Orangtua Peserta Didik
F. Kerjasama (Instansi lain yang terkait)
G. Prestasi Sekolah

BAB V PEDOMAN UMUM PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP
A. Silabus
1. Pengertian
2. Landasan Pengembangan Silabus
3. Prinsip – prinsip Pengembangan Silabus
4. Komponen Silabus
5. Langkah – langkah Pengembangan Silabus

B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
1. Pengertian RPP
2. Landasan Pengembangan RPP
3. Prinsip – prinsip Pengembangan RPP
4. Komponen RPP
5. Langkah – langkah Pengembangan RPP

LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Kalender Pendidikan Tahun yang berjalan
2. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
3. SK Tim Penyusun
4. Rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kab/Kota
5. Silabus
6. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
7. Program Pengembangan diri
8. Dsb.


Catatan
Waktu pengajuan tandatangan Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Provinsi DIY, membawa serta CD dokumen KTSP

0 komentar:

Posting Komentar